Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan kamera DLSR dan Mirrorless

Kamera SLR adalah kamera yang memiliki lensa yang terdapat di dalamnya. Kamera ini juga memiliki sensor besar dan kemampuan untuk melakukan pengambilan gambar secara digital. Kamera SLR dapat mengambil gambar berkualitas tinggi dan selalu digunakan oleh para fotografer profesional.

Kamera mirrorless adalah kamera digital yang memiliki fungsi dan komponen yang sama dengan SLR, namun tidak dapat menggunakan lensa tunggal (sesuai dengan namanya). Kamera ini memiliki sensor lebih kecil dibandingkan SLR, tapi kualitas sensornya juga bagus dan setara dengan DSLR.

Untuk mengetahui detail settingan kamera SLR atau mirrorless, silahkan baca cara kerjanya di bawah ini.

Setting Kamera DSLR

Kamera DSLR memiliki kontrol yang lebih banyak dibandingkan dengan kamera mirrorless. Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatur setiap fitur di kamera DSLR agar hasil foto terbaik. Ada beberapa setting yang harus diperhatikan, yaitu:


1.ISO


2. Kecepatan Rana


3. Bukaan


4. Keseimbangan Putih














kamera dslr

Kamera DSLR (digital single-lens reflex) adalah kamera yang paling populer saat ini. Kamera ini memiliki lensa utama yang menempel di belakang layar dan mendeteksi apakah gambar diambil dengan lensa utama atau tidak. Kamera DSLR juga memiliki sensor yang besar untuk menampung semua informasi yang dikumpulkan oleh sensor tersebut. Kamera ini sangat cocok untuk pemula dan professional, serta harganya relatif murah.


Kamera mirrorless

Kamera mirrorless (yang tidak menggunakan panel sebagai reflektor)

Kamera mirrorless sangat bagus untuk kebanyakan orang. Mereka lebih kecil, lebih ringan, dan lebih portabel daripada DSLR, tetapi mereka juga bisa sama kuatnya.

Sensor menghadap ke belakang lebih murah untuk diproduksi karena tidak memerlukan mekanisme cermin besar yang sama seperti yang diperlukan dalam DSLR. Itu berarti Anda mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik dengan harga yang lebih rendah.

Kamera mirrorless juga cenderung memiliki sistem fokus otomatis yang lebih canggih daripada DSLR, yang sangat penting jika Anda merekam video atau jika Anda menyukai fotografi olahraga.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat membandingkan kamera mirrorless:


Ukuran sensor: Ini mungkin perbedaan terbesar antara kedua jenis kamera. Sensor yang lebih besar pada kamera full-frame memungkinkan kedalaman bidang yang lebih besar dan foto berkualitas lebih tinggi secara keseluruhan — terutama dalam situasi cahaya redup. Tetapi itu juga berarti bahwa kamera full-frame lebih besar dan lebih berat daripada kamera APS-C yang lebih kecil.


Bobot: Kamera full-frame lebih berat daripada model APS-C karena memiliki bodi lebih besar dan lensa dengan elemen kaca lebih besar (yang menambah bobot). Namun, beberapa pabrikan telah mulai membuat versi lensa yang lebih ringan yang menggunakan serat karbon sebagai pengganti paduan logam

itulah perbedaan kamera DLSR dan Mirrorless

semoga bermanfaat