Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Picture Style / Picture Control pada kamera

Sobat mungkin pernah merasakan ketidak puasaan saat memotret mungkin dari warna nya cahayanya atau mungkin dari tingkat ketajaman dan kelembutannya, sebetulnya kamera sobat sudah memiliki fitur itu yang bisa sobat gunakan agar komposisi warna kecerahan ketajaman dan kelembutannya bisa sobat atur sendiri, sobat dapat mengubah itu semua sesuai selera sobat nama fitur itu Picture Style / Picture Control,  Picture Style untuk kamera canon sementara dalam kamera Nikon biasanya di sebut dengan Picture Control.

Dengan menggunakan fitur ini sobat dapat membuat atau mungkin mengatur parameter gambar yang nantinya akan disimpan dalam format JPG. Bagaimana jika sobat menggunakan mode RAW fitur ini tidak akan berpengaruh


Nah di bawah ini ada beberapa ulasan tentang  Picture Style / Picture Control pada yang bisa sobat gunakan:

1. Sharpening (ketajaman) : sobat dapat mengatur gambar jadi lebih tajam atau sebaliknya jadi lebih lembut

2. Contrast (kontras) : sobat dapat mengatur tingkat perbedaan warna terng dan gelap pada objek foto yang sobat ambil 

3. Saturation (kepekatan warna) : sobat dapat mengatur warna, kepekatan dan kehangatan dari foto yang sobat ambil, semakin tinggi nilai saturasinya biasanya foto akan tampat lebih hangat, begitupun sebaliknya semakin rendah saturasinya foto akan nampak lebih sejuk. 

4. Brightness (kecerahan) : sobat apat mengatur kecerahan dari foto yang sobat ambil 

5. Hue (tonal warna) : sobat dapat mengatur tone atau tingkat warna sesuai kebutuhan pemotretan sobat. 


Dalam Kamera juga biasanya sudah di sediakan Picture Style / Picture Control otomtis atau preset otomatis yang di sediakan oleh kamera preset ini dapat sobat gunakan sesuai kebutuhan sobat, dan sobat juga dapat mengaturnya sesuai kebutuhan sobat saat memotret

5 preset otomatis pada  Picture Style / Picture Control diantaranya adalah:

Standard : sesuai dengan namanya gambar atau Foto dengan preset ini adalah setelan asli kamera, setelan ini juga biasanya menjadi khas nya dari kamera yang sobat gunakan. Dengan preset standar sobat dapat meihat hasil gambar sesuai dengan setean bawaan kamera, namun sobat juga bisa mengubah ketajamannya, kontrasnya, saturasi dan hue sesuai kebutuhan sobat.

Potrait : setelan ini biasa digunakan untuk jenis foto manusia atau hewan yang lebih berfokus pada wajah sehingga biasanya pada setelan ini warna yang di fokuskan lebih ke warna kulit asli dan ketajaman yang lebih lembut. 

Landscape : setelan jenis ini biasa di gunakan untuk foto pemandangan, pada setelan ini warna lebih hidup dan kontras biasanya lebih tajam untuk mendapatkan detail gambar yang sempurna. Untuk jenis foto landscape sendiri titik fokus biasanya lebih lebar sehingga dapat menghasilkan gambar dengan ketajaman menyeluruh. 

Neutral : untuk setelan ini foto di buat lebih flat, semua pengaturan biasanya di buat ke angka lebih rendah tujuannya supaya foto lebih mudah di edit.

Monochrome : stelan jenis ini untuk foto hitam putih, jenis foto ini memiliki penggemarnya sendiri, sebetulnya jenis foto hitam putih akan lebih terasa hidup dan tidak habis di makan jaman karena fokus foto hanya pada detailnya saja bukan pada warna sehinga kapanpun kita meihatnya foto hitam putih akan terasa lebih hidup. 

Itulah ulasan tentang Picture Style / Picture Control pada kamera yang bisa sobat coba

Semoga bermanfaat