Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

mengatur cahaya dalam fotografi

Hal pertama yang harus di perhatikan dalam memotret adalah cahaya, cahaya ini juga yang akan mempengaruhi hasil dari pada foto yang kita ambil, sebetulnya semua cahaya hasilnya sama saja baik itu cahaya alami maupun cahaya buatan namun memposisikan cahaya dan objek lah nantinya yang akan membedakan apakah foto kita akan terlihat bagus atau jelek. Kita sudah di anugrahi cahaya alami yaitu matahari, matahari adalah sumber cahaya. jika dalam fotografi, cara memposisikan objek dengan cahaya adalah mengatur cahaya dan objek agar tidak membuat cahaya itu terlalu terang sehingga objek akan gelap atau sebaliknya objek akan sangat over, ini semua adalah keharusan pengetahuan dan kemampuan yang wajib di miliki oleh seorang fotografer. 


Logika sederhana dalam memotret adalah posisikanlah subjek foto dengan cahaya agar sebisa mungkin tidak membuat subjek terlihat gelap atau subjek sangat terang, hal ini dapat di lakukan dengan percobaan sederhana, sebagai contoh jika sobat  memotret di luar ruangan dengan hanya mengandalkan cahaya matahari tanpa bantuan dari flash atau cahaya buatan lainnya, sobat dapat memposisikan subjek foto tidak membelakangi cahaya matahari, hal ini supaya subjek foto tidak terlihat gelap karena cahaya matahari akan terlihat jauh lebih terang sehingga subjek akan lebih gelap, jika ISO di kurangi foto akan Under exposure jika ISO di tambah dengan ISO tinggi foto akan Over exposure, jika bukaan lensa atau F di kurangi foto akan Over exposure jika bukaan lensa atau exposure di angka F tinggi foto akan gelap atau Under exposure. Jika sobat kekeh ingin subjek foto membelakangi matahari, sobat dapat mengarahkan subjek foto sedikit menyamping dan sobat dapat menambahkan reflektor di depan subjek foto untuk memperjelas subjek foto. Atau sobat juga dapat menambah lampu tambahan menghadap subjek foto untuk membantu agar foto lebih terang.

Jika sobat memotret di kondisi cahaya yang kurang, sobat sebaiknya membahkan alat untuk memberikan cahaya seperti lampu atau flash.

Cara penggunaan flash saat memotret. Usahakan cahaya dari flash jangan langsung menembak subjek foto, Alasanya jika sobat menembakan langsung cahaya ke objek atau wajah orang yang di foto, akan memberikan efek bayangan di belakang subjek foto dan hal ini sangat mengganggu, bahkan yang lebih parah biasanya detail wajah akan terlihat datar, tentunya tidak menarik bukan.? Untuk mengatasinya sobat dapat menambahkan diffuser atau payung putih yang dapat menyebarkan cahaya, atau jika sobat tidak memilikinya, sobat dapat mengarahkan cahaya flash ke atap bangungan jika sobat memotret di dalam ruangan. 

Jika sobat tidak memiliki flash atau lampu apapun yang bisa di gunakan untuk memotret, sobat bisa memanfaatkan cahaya matahari, sobat hanya perlu reflektor untuk memantulkan cahaya matahari ke wajah atau bagian yang ingin lebih terang dan jelas. Penggunaan reflektor selain bisa memantulkan cahaya, juga bisa menambah kesan dan aura yang berbeda, karena reflektor biasanya hadir dengan berbagai jenis warna yang bisa sobat sesuaikan dengan tema atau kondisi saat memotret. Sebagai contoh jika sobat ingin menghasilkan warna yang lebih hangat, sobat dapat menggunakan reflektor berwarna emas, jika sobat ingin efek warna kebiruan atau lebih segar sobat dapat memakai reflektor yang berwarna silfer, jika sobat ingin efek warna natural sobat dapat memakai warna putih, atau jika sobat memotret di area yang memantulkan cahaya seperti kaca atau permukaan licin sobat dapat memakai reflektor berwarna hitam hal ini untuk menyerap cahaya dan pantulan yang di hasilkan dari kaca atau permukaan licin tadi.

Hal serupa dapat di terapkan atau di gunakan untuk pemoteran di dalam ruangan atau studio, penempatan cahaya dapat di ilustrasikan seperti matahari dan beberapa lampu tambahan. 

yang perlu diperhatikan adalah selalalu posisikan subjek foto di tempat yang tidak membuat subjek foto nampak lebih gelat atau over terlalu terang juga hindari bayangan apapun yang menutupi area wajah dari subjek foto, namun di beberapa jenis foto terkadang menginginkan subjek foto lebih gelap atau bayangan di wajah diperlukan, ini hanya soal selera dalam memotret.

Sebetulnya untuk saat ini kita banyak terbantu dengan hadirnya aplikasi - aplikasi edit foto yang dapat membatu pekerjaan kita lebih mudah, seperti untuk menghaluskan, menambahkan warna atau tingkat kecerahan atau juga menambah ketajam dari foto yang kita ambil, namun untuk itu semua perlu di perhatikan settingan awal kita saat memotret dan memposisikan subjek foto dengan benar agar foto yang nantinya masuk ke proses edit tidak terlalu sulit untuk mengeditnya. 

Berpikirlah untuk memotret bukan untuk di edit, mengedit foto sebetulnya tidak dilarang, namun alangkah lebih baik lagi jika foto yang kita ambil murni langsung hasil olahan kamera dan komposisi kita dalam peletakan dan memposisikan cahaya saat memotret.

Nah itulah ulasan tentang mengatur cahaya dalam fotografi

Semoga bermanfaat

Terima kasih.