Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memotret dengan teknik panning menggunakan lensa manual

Salah satu jenis fotografi yang sering di gunakan di jalanan atau dengan istilah street fotografi adalah jenis foto panning, teknik panning biasanya di gunakan juga untuk jenis foto balapan atau foto olah raga, efek yang di hasilkan dengan teknik panning ini memang memberikan kesan kecepatan dengan menghasilkan ketajaman objek saat bergerak dengan sangat cepat, efek membeku ini membuat siapa saja yang melihatnya merasa terbawa masuk kedalam suasana foto.



Untuk memotret dengan teknik panning biasanya memang lebih mudah dan lebih cepat dengan menggunakan lensa auto fokus, namun bukan berarti lensa manual tidak bisa, lensa manual juga bisa di gunakan untuk teknik foto panning, caranya hampir sama saja dengan menggunakan lensa auto fokus, yaitu dengan cara mengunci fokus kamera ke objek foto yang akan kita bidik dengan menekan setengah tombol shutter nya samai objek benar benar terkunci. Setelah dirasa pas dengan komposisi dan letak objeknya barulah kita tekan tombol shutternya secara penuh. 

Carilah lokasi lokasi atau moment yang bisa menambah ke dramatisan hasil foto kita. Jika untuk memotret orang orang yang sedang bersepeda carilah lokasi yang sedikit menanjak, biasanya saat menanjak para pesepeda akan mengeluarkan semangatnya dalam mengayuh sepeda nya, ekspresi inilah yang sangat bagus saat kita memotretnya. Sama halnya saat memotret olah raga lainnya seperi lomba lari, sepak bola, basket atau olah raga lainnya carilah moment moment yang tepat untuk memotret, memotret balapan juga sama, atau memotret pemotor atau kendaraan di jalan raya carilah moment moment yang tepat.

Untuk pengaturan ISO dan Shutter Speed nya sobat dapat mengaturnya di lapangan karena biasanya untuk kedua pengaturan itu bisa di sesuaikan dengan kondisi cahaya di lokasi saat memotret, untuk bukaan lensa sobat dapat meggunakan bukan terlebar untuk menghasilkan titik fokus yang sempit agar foto yang di hasilan menjadi lebih fokus dan bokeh.

Perlu di ingat juga untuk memotret kendaraan perhatikan jarak kita dengan kendaraan itu aman, jangan sampai kita malah celaka atau mencelakakan orang lain, gunakanlah jenis lensa tele zoom dengan ukuran zoom yang jauh, selain akan memudahkan kita dalam mengatur jarak, lensa jenis tele zoom juga di rasa cukup aman saat memotret karena kita akan berada cukup jauh dari objek foto kita.

Nah itulah ulasan tentang memotret dengan teknik panning menggunakan lensa manual.

Semoga bermanfaat

 Terima kasih