Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar dasar teknik foto bokeh

Beberapa waktu yang lalu foto bokeh menjadi foto favorit banyak orang, hal ini di buktikan dengan bermunculannya hp dengan kemera super bokeh, ternyata tren itu masih bertahan sampai sekarang, produsen hp berlomba membuat dan mengembangkan kemera yang terdapat di hp menjadi kamera dengan efek bokeh yang dramatis bahkan bukan hanya foto dengan efek bokeh saja, namun kini juga merambat ke efek video, namun teknik foto bokeh sebetulnya sudah tidak asing lagi bagi para pengguna kamera dlsr atau mirorrlles teknik bokeh biasanya di gunakan untuk jenis foto portrait manusia, atau hewan dan foto dengan jenis makro seperti serangga, bunga atau jenis foto makro lainnya.



Dalam postingan kali ini saya akan memberikan tips dasar tentang bagaimana mendapatkan foto dengan efek bokeh atau teknik teknik dasar foto bokeh

Berikut adalah 

Belajar dasar teknik foto bokeh

Ada banyak cara agar mendapatkan hasil foto dengan efek bokeh yang dramatis yang tentunya sangat mudah untuk sobat praktekan sendiri.

1. Pilih subjek foto dan background

Salah satu cara agar mendapatkan hasil foto dengan efek bokeh adalah sobat dapat memilih mana yang akan mnjadi subjek utama foto dan mana yang akan menjadi backgroundnya, hal ini penting agar hasil foto nantinya tidak salah. Setelah di pilih posisikan subjek utama berada jauh dari background nya

2. Bukaan lensa / aperture / angka F

Bukaan lensa atau angka F sangat berpengaruh untuk nantinya menghasilkan foto dengan efek bokeh, bukaan lensa atau biasa di tulis di kamera dengan angka F di ibaratkan seperti mata manusia semakin di lebarkan maka titik fokusnya akan semakin sempit, teknik foto bokeh dengan kamera dslr. untuk dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh sobat dapat melebarkan bukaan lensa dengan mengecilkan angka F seperti di angka 1,4 atau 1,8. 

TEKNIK FOTO BOKEH DENGAN LENSA KIT

jika sobat hanya memiliki lensa kit atau lensa bawaan kamera, sobat juga masih bisa memanfaatkan lensa kit itu untuk dapat menghasilkan efek bokeh, caranya adalah dengan memaksimalkan zoom pada lensa kit di angka 55 mm dan bukaan lensa paling lebar di angka F 5,6. Caranya pun sama dengan menjauhkan subjek foto dan backgroundnya, lensa kit juga bagus di gunakan untuk jenis foto makro caranya sama dengan memaksimalkan zoom pada lensa di angka 55 mm dan bukaan lensa di angka F 5,6 kemudian jauhkan antara subjek foto dan benda lainnya.

TEKNIK FOTO BOKEH MALAM HARI

Jika sobat memotret di malam hari, maka hal yang harus sobat miliki selain kamera adalah lighting atau pencahayaan yang baik, karena untuk bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh yang bagus harus dengan pencahayaan yang baik. Pencahaan ini bisa sobat dapatkan dari lampu ruangan atau dari flash eksternal kamera, usahakan pencahayaan dengan merata sampai tida terlihat ada bayangan di balik subjek utama foto.

teknik foto bokeh android 

kamera hp android yang hadir saat ini sudah sangat canggih, dimana dengan kamera hp saja sobat sudah dapat menghasilkan foto foto yang tidak kalah dengan kamera dlsr ataupun mirrorlles. untuk mendapatkan efek bokeh di kemara hp jauh lebih mudah dan sangat simpel ini yang menjadi keunggulan sebuah kamera hp. Yaitu sobat hanya perlu menekan titik fokusnya di layar kemudian kunci dan foto.

nah itulah Belajar dasar teknik foto bokeh sederhana yang bisa sobat praktekan. tentunya cara cara itu juga harus di barengi dengan pencahayaan yang baik serta kondisi kamera, lensa dan sensor yang bersih dari jamur, kotoran debu dan lainnya

semoga postingan ini bermanfaat

terima kasih.