Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keuntungan menggunakan payung untuk lampu kamera

Saat memotret bukan hanya settingan kamera dan komposisi fotografi saja yang di perhatikan, pengaturan cahaya juga menentukan hasil dari jepretan foto kita, cahaya yang rendah memang kadang menjadi masalah, seperti munculnya noise yang mengganggu atau auto fokus yang lambat, tapi cahaya yang terlalu kuat juga kadang menjadi masalah, seperti foto menjadi over atau cahaya tidak merata, nah untuk itu di perlukan sebuah alat yang dapat menyebarkan cahaya secara merata supaya subjek foto kita dapat terlihat dengan jelas dan memiliki kecerahan yang merata, ada beberapa alat yang bisa sobat gunakan untuk menyebarkan cahaya baik dari lampu, flash maupun cahaya matahari yang terlalu terik.

Untuk cahaya dari matahari yang terlalu terik sobat dapat menggunakan kain putih tipis sebagai diffuser, sobat dapat membentangkan kain putih tipis itu untuk menghalangi cahaya matahari yang terlalu terik di sekitaran subjek foto. Namun untuk masalah cahaya matahari terlalu terik ini sobat dapat mengakalinya dengan pindah ke lokasi yang lebih teduh, atau sobat dapat mengganti jadwal pemotretannya di jam – jam yang mataharinya tidak terlalu terik atau kuat, seperti pagi hari atau sore hari, sobat dapat menghindari memotret di siang hari bolong, seperti jam 11, 12, 13 waktu – waktu dimana matahari berada di posisi paling tinggi.

Untuk meratakan cahaya dari lampu atau flash sobat dapat menggunakan beberapa alat, seperti soft box, diffuser flash atau lampu, atau sobat juga dapat menggunakan payung sebagai reflektor atau diffuser, semua alat itu memiliki fungsi dan keunggulannya masing masing. 





Soft box memiliki keunggulan yaitu warna atu cahaya yang di hasilkan akan terlihat lebih lembut dan merata, namun bentuk nya yang lumayan besar, akan sedikit menyulitkan saat di bawa kemana – mana, penggunaan soft box lebih cocok untuk di studio. 

Diffuser flash berbentuk kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana – mana, diffuser jenis ini juga tidak memakan tempat karena bisa di pasang langsung di atas flash eksternal kamera, namun jenis diffuser ini menghasilkan cahaya yang kurang merata, 

Diffuser atau reflektor payung bisa digunakan dimana saja, karakter payung yang dapat di tutup buka membuatnya mudah di bawa kemana - mana di tambah lagi dengan bobotnya yang ringan sehingga mudah di pasang pada stand lighting, untuk hasilnya pun cukup baik. Ada dua jenis payung yang dapat di gunakan sebagai menyebar cahaya yaitu diffuser dan reflektor, untuk diffuser biasanya menggunakan payung dengan warna putih atau sedikit transparan, untuk jenis reflektor biasanya menggunakan payung dengan warna dalam berwarna silver. 

Harga payung juga cukup terjangkau dan jauh lebih murah jika di bandingkan dengan soft box, namun perlu di ingat juga pilihlah payung dengan kualitas baik, selain untuk jangka panjang juga pemilihan alat terbaik juga supaya hasil yang di dapat akan lebih maksimal.

Untuk pemotretan outdoor penggunaan payung sebagai diffuser atau reflektor lebih menguntungkan, karena bentuknya yang bisa di buka tutup juga bahannya yang ringan sehingga mudah di pindah – pindahkan sesuai kebutuhan, ditambah lagi tidak begitu memakan tempat menjadi nilai plus untuk menggunakan payung sebagai diffuser atau reflektor lampu atau flash.

Untuk acara wedding atau acara hajatan apalagi wedding di rumah bukan di gedung penggunaan payung sebagai diffuser atau sebagai reflektor juga sangat membantu dan sangat di rekomendasikan, selain yang disebutkan di atas, penggunaan payung sangat menghemat tempat bahkan bisa di ikat di tiang jika khawatir akan jatuh karena angin. 

Itulah bebeberapa keuntungan kita menggunakan payung sebagai reflektor atau sebagai diffuser untuk lampu dan flash yang di gunakan

Untuk hasil yang lebih maksimal, sobat dapat mengujinya sendiri. 

Semoga bermanfaat

Terima kasih.