Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara setting DYNAMIC RANGE di kamera fujifilm

Kamera fujifilm merupakan salah satu brand kamera yang populer di pakai oleh para fotografer di Indonesia, kamera fuji film menawarkan desain yang unik sehingga ketika dilihat saja akan sangat berbeda dengan brand kamera lainnya, selain tampilannya yang sangat cantik kamera ini juga di bekali dengan berbagai jenis fitur yang dapat memanjakan para penggunanya, seperti film simulation yang memberikan pilihan warna dan kesan yang lebih mendalam untuk sebuah hasil jepretan, selain film simulation, kamera ini  juga memiliki  fitur lainnya salah satunya adalah DYNAMIC RANGE yaitu cakupan dari keseluruhan cahaya, sebagai contoh ketika mata kita melihat dua objek yang berbeda intensitas cahayanya, yang satu terang dan satunya lagi gelap maka mata manusia akan secara otomatis dapat mengenali dua objek tersebut secara akurat dan dapat melihat secara bersamaan, hal ini yang berbeda dengan lensa maupun sensor kamera yang harus berjuang lebih lama untuk meng identifikasi cahaya tersebut. Kamera fuji film memiliki DYNAMIC RANGE sampai 400% itu artinya dapat mengidentifikasi cahaya lebih banyak dari setingan biasa. Bagaimana Cara setting DYNAMIC RANGE di kamera fujifilm. ?

Berikut ini adalah 

Cara setting DYNAMIC RANGE di kamera fujifilm


Yang pertama adalah sobat harus memiliki kamera fuji film 

Buka layar menu 

pilih di bagian DYNAMIC RANGE 

Kemudian sobat dapat memilih DR di angka berapa

Perlu di ingat juga untuk DYNAMIC RANGE 400% Minimal ISO harus di angka 800

Untuk DYNAMIC RANGE 200% minimal ISO di angka 400

Dan untuk DYNAMIC RANGE 100% di bawah ISO 400

Sobat tidak perlu khawatir dengan noise yang di akibatkan penggunaan ISO tinggi, karena untuk kamera fuji film ISO 800 masih tergolong aman dari bintik noise yang mengganggu.

Ketika menggunakan DYNAMIC RANGE 400% gambar akan sangat terang jika di memotret di siang hari untuk mengatasi hal tersebut  sobat dapat menambah angka shutter speed atau angka bukaan lensa atau angka F (sesuai kebutuhan) sampai dirasa pas cahayanya. 

Seperti yang kita tahu bahwa angka shutter speed adalah angka kecepatan sensor menangkap cahaya semakin besar angkanya maka semakin cepat sensor merekam cahaya dan gambar akan terhindar dari shak atau gambar berbayang, namun cahaya yang terekam hanya sedikit itu artinya gambar akan lebih gelap. 

Bukaan lensa atau sering di istilahkan dengan angka F adalah bukaan lebar lensa, semakin kecil angka F maka bukaan nya semakin besar dan titik fokus semakin sempit, biasanya bukaan lensa paling lebar ini, biasa digunakan untuk jenis foto portrait yang menginginkan fokus foto di subjek utamanya saja, semakin lebar bukaan lensa maka semakin banyak cahaya yang dapat di rekam oleh sensor dan gambar akan lebih terang. Sementara angka F yang semakin besar berarti semakin sempit bukaan lensa, itu artinya lebih sedikit cahaya yang dapat di rekam oleh sensor kamera dan gambar akan lebih gelap, bukaan lensa yang sempit memberikan titik fokus yang menyebar, biasanya di gunakan untuk jenis foto landscape yang menginginkan semua objek yang tertangkap kamera memiliki fokus yang sama. 

Dengan menggunakan DYNAMIC RANGE yang tinggi gambar akan lebih terang, maka sobat dapat menentukan apakan shutter speed yang akan di tambah 

Atau bukaan lensa yang di persempit dengan angka F yang lebih tinggi.

Semua itu kembali lagi sesuai kebutuhan sobat

Nah itulah Cara setting DYNAMIC RANGE di kamera fujifilm 

semoga bermanfaat 

Terima kasih