Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

jenis jenis foto jurnalistik

bagi sebagian orang mengenal jenis foto jurnalistik mungkin hanya sebatas foto berita yang di kerjakan oleh wartawan saja, namun pengertian foto jurnalistik jauh lebih luas dari sekedar foto yang dia ambil untuk kebutuhan berita harian saja, karya foto jurnalistik umumnya memiliki beberapa jenis atau teknik, sehingga foto tersebut dapat di katakan sebagai foto jurnalistik. Lalu apa saja yang menjadi  syarat foto jurnalistik, ciri foto jurnalistik, karakteristik foto jurnalistik, elemen foto jurnalistik atau tema foto jurnalistik

foto jurnalistik berdasarkan beberapa jenis 

visualisasinya


berikut adalah foto jurnalistik berdasarkan beberapa jenis visualisasinya, yaitu:

1. Spot photo

 Jenis foto ini di lakukan secara spontan di lokasi kejadian seperti penomena alam, kecelakaan, musibah, atau kejadian unik tertentu.

2. General news photo

General news photo adalah jenis foto yang menggambarkan kejadian rutin

3. People in the news photo

People in the news photo adalah jenis foto yang memfokuskan kepada salah satu tokoh tertentu, biasanya adalah tokoh tokoh yang sudah terkenal di masyarakat, namun tidak jarang juga tokoh tokoh inspiratif yang patut untuk di tampilkan dengan maksud memperkenalkan dan menularkan inspirasi kehalayak umum

4. Daily life photo

Daily life photo adalah jenis foto yang menempilkan kehidupan sehari hari secara nyata, jenis foto ini juga sering di sebut dengan jenis foto human interest kareana menampilkan manusia secara apa adanya, biasanya jenis foto seperti ini akan menampilkan orang dengan kegiatan kesehariannya seperti bertani, berdadang atau sekedar duduk dan berbincang di pos kamling dan sebagainya.

5. Portrait photo

Portrait photo adalah jenis foto yang secara khusus fokus ke wajah subjek foto yang di anggap unik, lucu atau berkarisma.

6. Sport photo

Seperti namanya Sport photo adalah jenis foto yang menangkap moment olah raga, atau balapan.

7. Science and technology photo

Science and technology photo adalah jenis foto yang menggambarkan kegiatan yang berkatian dengan teknologi atau keilmuan dalam fotonya

8. Art and culture photo

Art and culture photo adalah jenis foto yang menampilkan kegian seni di dalamnya seperti pagelaran seni, pestival, atau pertunjukan lainnya.

9. Social and environment

Social and environment adalah jenis foto yang menampilkan kondisi sosial di lingkungan sekitar seperti, hunian kumuh atau tumpukan sampah.

Itulah jenis jenis atau teknik dari foto jurnalistik lalu apa fungsi foto dalam jurnalistik. ?

fungsi foto dalam jurnalistik seperti yang kita tahu adalah foto untuk mengabadikan sebuah kejadian sehingga dapat di terima dan lihat oleh banyak orang. kontributor foto jurnalistik sudah bisa kita rasakan dalam kehidupan bahkan untuk menggungkap sejarah kejadian masa lalu masih bisa kita nikmati hasilnya saat ini, sebagai contoh foto jurnalistik yang di ambil ketika masa perang dunia banyak bersebaran di media, foto foto kejadian penting menyangkut sebuah peradaban bisa kita lihat saat ini. pengaruh foto jurnalistik bukan hanya bisa menambah pengetahuan kita tentang kejadian kejadian penting tetapi juga bisa di gunakan sebagai penggiring opini dan sudut pandang tentang suatu kejadian. Namun perlu di ingat dalam pengambilan foto jurnalistik harus lah memiliki etika, seperti meminta ijin terlebih dahulu jika foto itu bersifat HI karena mungkin ada sebagian orang yang merasa risih jika dirinya di foto, jangan juga menggiring narasi sehingga foto sudah tidak natural lagi, dan lain sebagainya, yang terpenting dalam pengambilan foto jurnalistik kita harus bersikap sopan  dan sebisa mungkin membuat nyaman baik yang di foto maupun kita yang mengambil gambar.

Nah itulah sekilas tentang foto jurnalistik yang bisa sobat coba

Semoga bermanfaat

terima kasih